Tutorial Filmora 9 dari Awam Sampai Mahir [Bagian 8 ] - Ekspor & Share Hasil Edit

Tutorial Filmora 9 kali ini akan membahas cara menyimpan hasil video yang telah sobat edit kedalam bentuk video utuh. Berikut ini cara mengekspor dan membagikan video yang sudah sobat edit:

1. Mengekspor video ke lokal komputer

Langkah-langkah mengekspor video ke lokal komputer adalah, klik menu Export, lalu pilih Create Video, dan pada jendela tampilan Export pilih tab Local. Kemudian, pilih format hasil video yang sobat inginkan. Saat ini, Filmora9 mendukung format berikut: WMV, MP4, AVI, MOV, F4V, MKV, TS, 3GP, MPEG-2, WEBM, GIF dan MP3. Saya tidak akan menjelaskan secara detil perbedaan masing-masing format video tersebut.
Ekspor video ke lokal di filmora 9
Ekspor video ke lokal di filmora 9

Setelah memilih format output video, sobat dapat mengganti nama file video dan mengubah lokasi penyimpanan di lokal komputer pada bagian Name dan Save to. Untuk pengaturan lebih lanjut, sobat bisa  klik tombol SETTINGS. Pada bagian Settings sobat dapat mengatur resolusi output, kecepatan frame, ukuran, dan durasi sebelum Anda mengekspor. Untuk mengubah pengaturan ekspor Anda (yaitu resolusi, bit rate, dan frame rate) klik tombol SETTINGS.

Untuk pilihan kualitas eksport, filmora 9 menyediakan 3 pilihan kualitas pada tab yang disediakan. Yaitu : Terbaik (Best), Lebih Baik (Better) dan Baik (Good). Perbedaan dari kualitas terdapat pada Bit Rate. sobat dapat menyesuaikan parameter lain, seperti Resolusi, Frame Rate atau lainnya pada jendela SETTING.
Pengaturan eksport video di lokal dalam filmora versi 9
Pengaturan eksport video di lokal dalam filmora versi 9

Untuk mendapatkan kualitas video yang terbaik, pastikan sobat mengekspor video dengan memilih pengaturan yang sama dengan video yang asli sebelum diedit.

setelah selesai memilih kualitas video yang akan diekspor, klik OK untuk menyimpan pengaturan kualitas. kemudian tekan tombol Export di jendela Export.

catatan:
Ukuran file video tergantung pada panjang proyek / video dan bit rate. Apabila ukuran file hasil ekspor terlalu besar, sobat dapat mencoba mengubah bit rate di jendela Settings untuk membuat ukuran hasil ekspornya lebih kecil.

2. Ekspor menyesuaikan perangkat untuk memutar video

Di tab Device, Sobat dapat memilih perangkat untuk menampilkan video sesuai dengan perangkat  yang sobat inginkan, seperti: iPhone, iPad, TV apel, ponsel Samsung Galaxy, PlayStation 4s, dan banyak lagi. Sobat dapat mengatur pengaturan manual dengan mengklik tombol SETTINGS. Klik EXPORT jika sudah selesai.

Catatan: mengekspor dengan cara ini tidak akan secara otomatis mentransfer video sobat ke perangkat yang sobat inginkan, tapi video sobat tetap akan disimpan di hard disk lokal komputer.
Ekspor sesuai perangkat dalam filmora versi 9
Ekspor sesuai perangkat dalam filmora versi 9

3. Upload video langsung ke YouTube atau Vimeo

Sobat dapat langsung upload video langsung ke YouTube atau Vimeo dari Filmora9. Tapi sobat harus log in akun dulu ke situs Youtube atau Vimeo. Untuk pengaturan kualitas video sama seperti saat sobat atur ekspor di perangkat.
Ekspor video ke youtube di filmora versi 9
Ekspor video ke youtube di filmora versi 9

4. Bakar di DVD
Sobat dapat membakar video hasil editan langsung ke DVD. Pilih tab DVD dan atur pengaturan kualitas video dan lain-lain sesuai yang sobat inginkan.
Bakar video ke youtube di filmora versi 9
Bakar video ke youtube di filmora versi 9

Demikianlah tutorial filmora 9 dari awam sampai mahir bagian 8, cara eksport dan share video yang sobat edit di Wondersare Filmora 9. Semoga bermanfaat.

Ikuti Untuk Mendapatkan Update Artikel Terbaru :

0 Response to "Tutorial Filmora 9 dari Awam Sampai Mahir [Bagian 8 ] - Ekspor & Share Hasil Edit"

Post a Comment