Tutorial Filmora 9 dari Awam Sampai Mahir [Bagian 5] - Menambahkan Efek pada Video & Suara

Setelah Tutorial filmora 9 tingkat dasar  dari bagian pertama sampai bagian keempat, Tutorial Filmora 9 bagian kelima ini merupakan tutorial Filmora 9 tingkat lanjut yaitu pengaturan efek pada video dan suara. Dengan adanya efek pada video atau suara yang sobat buat, tentunya membuat video klip sobat terlihat lebih menarik. Sebelum mempelajari tutorial filmora bagian kelima ini, sebaiknya sobat pelajari dulu dasar-dasar editing video dengan filmora 9 pada tutorial Filmora 9 bagian pertama sampai keempat.

Daftar materi tutorial filmora 9 bagian kelima ini yang akan bahas adalah:
Filters and Overlays
Elemen, Transisi, dan Efek Suara

Tutorial Filmora 9 dari Awam Sampai Mahir [Bagian 5] - Menambahkan Efek pada Video & Suara

1. Menambahkan dan Mengatur Filter / Overlay

Ada tiga cara untuk menambahkan filter dan overlay ke video.
  • Cara yang pertama adalah buka proyek sobat yang akan diberi efek, klik tab Effects, lalu pilih filter atau overlay yang sobat inginkan lalu klik kanan pilih Apply untuk menambahkan efek ke proyek sobat.
Menerapkan Efek / filter di Filmora 9

  • Cara yang kedua adalah pilih filter atau efek overlay yang sobat inginkan, lalu klik ikon plus di tengah.
  • Seret filter / overlay di trak baru datas trek video dalam timeline, lalu lepaskan. 

Untuk mengatur durasi efek atau menerapkan ke semua video, sobat dapat seret tepi filter/overlay pada timeline.Dan untuk mengatur Opacity atau transparansi efek, sobat dapat klik dua kali video di timeline lalu pada tampilan pengaturn silahkan atur pada bagian Alpha
Mengatur transparansi efek pada tutorial filmora 9

Catatan: Jika sobat mengedit klip posisi ‘potret’ (9:16) dalam video 16: 9, sobat dapat mengganti background hitam dengan efek blur.

2. Hapus Filter / Overlay

Ada dua cara untuk menghapus filter atau overlay dari proyek sobat.
Cara pertama Pilih filter / overlay di timeline lalu tekan Delete pada keyboard.
Cara Kedua dengan cara klik kanan pada filter / overlay di timeline lalu pilih Delete.

3. Mencari Filter / Overlay

Semua filter dan overlay diurutkan ke dalam kategori bertema (contohnya Faux Film atau Bokeh Blurs) agar mudah ditemukan. Buka menu Efek dan lihat kategori di sebelah kiri. atau sobat bisa cari efek dengan cara mengetik nama efek pada tab pencarian
Mencari filter dan overlay di Filmora9

4. Menambahkan Filter / Overlay ke daftar Favorit

Klik kanan pada efek filter di menu Effects dan pilih Add to Favourite. Lalu, buka kategori Favorit untuk menemukannya lagi dengan cepat.
Menambahkan filter ke daftar favorit di Filmora 9

5. Menambahkan  dan Mengatur Elemen

Buka tab Elements, lalu pilih elemen yang sobat ingin tambahkan ke proyek yang sobat punya, lalu seret elemen ke timeline secara langsung.
Untuk menghapus elemen dari proyek, sobat bisa mengapus langsung dengan menekan tombol Delete pada keyboard atau dengan cara klik kanan pada elemen di timeline lalu pilih Delete. Untuk menambahkan Eeemen ke daftar fovorit, pada menu Elements sobat tingggal Klik kanan pada elemen lalu pilih Add to Favourite.

6. Menambahkan  dan Mengatur Transisi

Untuk menambahkan transisi antara video atau gambar buka tab Transition, lalu seret transisi yang sobat suke ke timeline di antara dua klip yang akan disisipi transisi. Untuk menerapkan transisi yang sama ke seluruh proyek, sobat tinggal klik kanan pada transisi yang ingin sobat gunakan lalu pilih Apply to All. Transisi ini akan diterapkan kesemua antar dua klip yang bersebelahan. Untuk mengatur durasi atau menghapus transisi, caranya sama saat sobat mengatur efek atau elemen.

7.Menambahkan  dan Mengatur Efek Suara

Perlu diperhatikan: efek musik dan suara yang ada di Filmora9 hanya untuk penggunaan pribadi dan non-komersial. Bila sobat ingin memonetisasi video di Google Adsense, sebaiknya gunakan suara efek gratis yang bebas digunakan.

Untuk menambahkan efek suara ke proyek, caranya adalah klik menu Audio dan pilih kategori Sound Effect. Pilih efek suara yang sobat inginkan, lalu seret efek suara ke trek audio di timeline.
Menambahkan efek suara di Filmora 9

Pengatur efek suara lebih lanjut sudah saya bahas di tutorial filmora 9 bagian kedua. Untuk mempelajarinya lagi sobat bisa klik link ini https://www.luwungdesain.com/2020/03/tutorial-filmora-9-dari-awam-sampai.html.

Demikianlah pengaturan efek pada video di filmora 9 di tutorial kelima ini. Semoga bermanfaat.

Sumber: https://filmora.wondershare.com/

Ikuti Untuk Mendapatkan Update Artikel Terbaru :

0 Response to "Tutorial Filmora 9 dari Awam Sampai Mahir [Bagian 5] - Menambahkan Efek pada Video & Suara"

Post a Comment