Tutorial Filmora 9 dari Awam Sampai Mahir [Bagian 2] - Mengedit Audio / Suara

Tutorial Filmora 9 yang kedua adalah cara edit audio. Tutorial Filmora 9 kedua ini lanjutan dari tutorial filmora 9 sebelumnya yaitu mengedit video. sebelum mengikuti totorial filmora kedua ini, sobat perlu peajari dulu tutorial pertama  Tutorial Filmora 9 dari Awam Sampai Mahir [Bagian 1] - Mengedit Video, atau bisa sobat klik link disini.

Secara garis besar pembelajaran tutorial kedua ini adalah Membagi/Menyesuaikan/Membisukan /memisahkan Audio/suara, dan secara rinci akan dibahas perbagian dibawah ini:
  1. Menambakan Background Musik
  2. Mengetahui Ketukan Musik
  3. Memisakan Audio
  4. Menyesuaikan Audio ( Mengatur Volume dll )
  5. Mute Video Klip
  6. Memisahkan / Melepaskan Audio/suara dari Video
  7. Mengganti suara asli Video
  8. Tambahkan Voiceover
  9. Memotong Klip Audio dan Mengatur Timeline Track

Tutorial Filmora 9 dari Awam Sampai Mahir [Bagian 2] - Mengedit Audio / Suara

1. Menambahkan Background Musik

Filmora9 menyediakan Music Library yang menyediakan beberapa musik gratis download yang dapat sobat akses dalam program, atau sobat dapat mengimpor musik sendiri.
Catatan: efek musik dan suara yang ditemukan dalam Filmora9 hanya untuk penggunaan pribadi, non-komersial. dalam artian tidak bisa dimontisasi google adsense bila video sobat upload di Youtube.

Ada beberapa cara untuk menambahkan musik latar ke video Anda.

a. Impor Musik dari Komputer sobat: 
Pilih file audio yang disimpan di PC sobat dan masukan file audio ke Filmora9.
Klik tombol di atas panel Media Library untuk mencari file audio di komputer sobat. pilih lagu atau file audio lain yang sobat inginkan, pilih dan impor ke Perpustakaan Media. sobat juga dapat menarik dan melepas file audio ke Perpustakaan Media. Dari sana, sobat dapat menarik dan melepas audio ke dalam Audio Track di timeline.

b. Menggunakan Musik dari Filmora9: 
caranya adalah pilih lagu dari audio library Filmora9 yang bebas royalti dan dapat digunakan secara gratis. Pustaka audio memiliki 50 lagu yang dibagi menjadi lima kategori: YOUNG & BRIGHT, TENDER & SENTIMENTAL, ROCK, FOLK, dan ELECTRONIC. Ada juga efek suara yang tersedia di bawah SOUND EFFECT. Pilih tema musik yang disediakan Filmora 9 seperti gambar dibawah ini:







Cara untuk menambahkan musik dari audio library ke video sobat ada dua, yaitu:
Cara pertama pilih lagu, klik kanan, dan pilih Apply
Cara kedua, Seret dan lepas lagu ke Timeline
Setelah menambahkan musik, Sobat dapat mengatur volume dan nada musik dengan cara klik dua kali pada musik pada timeline. Di jendela Audio ini sobat dapat mengatur volume dan nada musik sesuai yang sobat inginkan . Sobat juga dapat menerapkan efek fade-in atau fade-out dan menggunakan slider untuk menentukan berapa lama musik akan dimainkan.

Catatan: Sobat dapat menambahkan  audio hingga 100 trek.

2. Mengatur Ketukan Musik

Mengedit ketukan musik adalah hal yang perlu sobat lakukan untuk membuat video Anda lebih dinamis. Filmora9 memiliki alat audio Deteksi Ketukan yang menandai ketukan audio secara otomatis, sehingga memudahkan sobat untuk mencocokkan editan dengan musik sobat. Berikut cara menggunakan Deteksi Ketukan:

Cara membuat penanda ketukan dengan Beat Detection
Klik kanan pada file musik yang ingin Anda deteksi detaknya di Media Library (audio impor atau internal) dan Beat Detection. Filmora9 akan menganalisis musik dan menghasilkan marker beat, yang akan muncul di musik setelah dipindahkan ke timeline.

Catatan: pertama kali Anda menggunakan Deteksi Ketukan (Beat Detection), mungkin diperlukan beberapa saat bagi Filmora9 untuk menginstal plugin Beat Detection. Ketika plugin diinstal dan deteksi selesai, sobat akan melihat ikon Beat di sudut kiri bawah thumbnail klip audio seperti di bawah ini:

Seret dan letakkan file musik ke trek audio di timeline dan marker beat akan muncul di trek audio seperti gambar dibawah ini:

Secara default, Filmora9 akan menampilkan marker beat beat berwarna merah setiap empat ketukan. Untuk melihat penanda beat (berwarna biru) untuk setiap hit, sobat dapat mengubah pengaturan deteksi beat dengan mengklik kanan file musik di library dan kemudian memilih Beat Options. Di jendela popup, sobat dapat mengubah frekuensi highlight offset, sorot offset atau hapus centang Only mark highlight beats untuk menampilkan setiap penanda ketukan.

Untuk menambahkan marker beat tambahan, tempatkan playhead pada titik di mana sobat ingin menambahkan marker di trek audio dan kemudian klik ikon Marker pada toolbar atau tekan tombol M pada keyboard.
Untuk menghapus penanda beat, klik titik Marker dan kemudian tekan Delete pada keyboard. sobat juga dapat mengeklik kanan Penanda di trek audio dan memilih Hapus untuk menghapusnya, atau jika sobat menghapus semua penanda, pilih Delete All Marker.

Sekarang, sobat dapat geser foto dan video Anda ke trek video dan menyesuaikannya dengan irama.

3. Split / Memotong Audio

Cara memotong atau membagi audio di Filmora9 caranya cukup gampang sekali. Pada bagian timeline, pindahkan playhead ke titik di klip audio yang ingin sobat potong. Kemudian, klik kanan pada klip dan pilih "Split" atau klik tombol keyboard Ctrl + B.

4. Sesuaikan Audio ( Mengatur Volume dll )

Untuk membuat pengaturan pada audio, klik dua kali pada klip audio pada timeline untuk membuka panel untuk mengatur volume dan pitch. Sobat juga dapat memberikan efek Fade in (awal audio volume keras perlahan) / Fade Out  (akhir audio volume pelan perlahan) dan mengatur durasi/panjanganya.
Alat lain yang akan sobat temukan di panel ini adalah Denoise, yang merupakan fitur yang dapat menghilangkan kebisingan latar belakang dari klip audio Anda.
Untuk pengalaman mengedit audio yang lebih lanjut, Sobat dapat mengakses Audio Equalizer dari panel ini. Sobat dapat memilih dari preset atau melakukan penyesuaian manual dengan mengklik ‘Costumize’.
Dengarkan hasilnya, jika dirasa kurang puas, sobat bisa klik tombol Reset untuk memulai kembali.


5. Mute Klip Video

Untuk membisukan audio dalam klip video, klik kanan pada klip di timeline dan pilih Mute.


6. Memisahkan / Melepaskan Audio/suara dari Video

 Cara memisahkan audio dengan video langkahnya adalah klik kanan pada video clip yang ada di timeline, pilih Detach Audio. maka otomatis audio akan terlepas dari video. sobat tinggal geser, potong, atau buang audionya sesuai kebutuhan.
Tutorial edit suara wondershare filmora9

7. Memotong Klip Audio dan Mengatur Timeline Track

Cara memotong klip audio dan mengatur Timeline Track sama seperti mengatur video pada tutorial Filmora bagian pertama, untuk melihat tutorialnya sobat bisa klik disini

Ikuti Untuk Mendapatkan Update Artikel Terbaru :

1 Response to "Tutorial Filmora 9 dari Awam Sampai Mahir [Bagian 2] - Mengedit Audio / Suara"