Tutorial Filmora 9 dari Awam Sampai Mahir [Bagian I] - Mengedit Video

Tutorial Filmora yang saya bagikan ini adalah tutorial Wondershare Filmora 9. Wondershare Filmora 9 adalah versi terbaru saat ini yang di keluarkan wondershare.

Setelah artikel sebelumnya saya bahas apa itu filmora, dan beberapa tutorial edit video menggunakan filmora yang masih sederhana, kali ini saya akan bagikan lebih terperinci dan mendasar tahap demi tahap untuk sobat yang baru belajar editing video, khususnya editing video menggunakan Wondershare Filmora9 (versi Filmora terbaru 9).

Materi yang akan saya bahas pada Tutorial Dasar editing video dengan filmora9 nanti akan saya bagi menjadi beberapa bagian. yaitu, mengenai cara mengedit video, cara mengedit audio, cara mengedit gambar, dan pengaturan teks & title.

Tutorial dasar Filmora9 bagian pertama kali ini saya mulai dari cara mengedit video. Secara garis besar hal yang dilakukan dalam mengedit video adalah memotong, menggabung, memisah, dan memutar video.

Daftar isi Tutorial Dasar Wondershare Filmora9 - Mengedit Video:
  1. Memilih Media di Media Library
  2. Menambahkan Video dan Media ke Timeline (Garis Waktu)
  3. Mengakses Sample Colors atau Sample Video
  4. Menghapus Video / Klip dari Timeline
  5. Memotong Video
  6. Memisahkan Video
  7. Memutar Video
  8. Memotong / Memutar Video
  9. Menggabungkan Video
  10. Copy Paste Video
  11. Mengatur kualitas klip video
  12. Mengubah kecepatan pemutaran video
  13. Membuat Video berjalan mundur atau terbalik
  14. Membuat Frame Beku atau Klip Berhenti
  15. Memperbesar / memperkecil Timeline
  16. Mengubah ukuran skala dan rotasi video
  17. Menambahkan watermark / logo ke video
  18. Mengubah Kualitas Playback untuk meringankan proses edit


1. Memilih Klip di Perpustakaan Media

a. Untuk memilih satu file media: klik pada tampilan thumbnail-nya.
b. Untuk memilih beberapa file media: tekan dan tahan [Ctrl], lalu klik thumbnail media yang ingin Anda pilih.
c. Untuk memilih urutan file media: klik thumbnail pertama dalam urutan, tekan dan tahan [Shift], lalu klik thumbnail terakhir dalam urutan.

Catatan: Anda dapat menemukan file media tertentu menggunakan kotak pencarian.
Tampilan pencarian Filmora 9


2. Menghapus Media dari Media Library

Pada Media Library, klik kanan pada klip yang ingin sobat hapus dan pilih HAPUS.

Catatan: saat sobat menghapus video atau media lain dari Media library,  sobat hanya menghapusnya dari Filmora9 dan tidak menghapusnya dari komputer atau perangkat penyimpanan sobat.


3. Menambahkan Video dan Media Lainnya ke Timeline


Berikut adalah dua cara untuk menambahkan media ke timeline:

Cara 1: Klik pada thumbnail klip video, atau media lain, di Media library. Kemudian, seret dan letakkan di timeline.

Cara 2: Klik kanan pada thumbnail media yang sobat inginkan dan pilih salah satu dari pilihan seperti pada gambar dibawah ini:


Penjelasan pilihannya adalah:

Insert: tambahkan media yang sobat pilih kedalam trek atau timeline. Setiap media yang sudah sobat masukan akan otomatis masuk ke bagian timeline/trek.

Overwrite: tambahkan media yang sobat pilih dengan menumpuk media yang sudah ada dengan mengganti  media baru.

Append (tambahkan ke akhir): menambakan media yang dipilih kebagian timeline paling akhir .

Add to new track: menambahkan media ke trek baru tanpa ada media lain dalam satu trek.

Catatan: sobat tidak bisa menambahkan media ke trek apabila Track Lock diaktifkan.

4. Mengakses Sample Color dan Sample Video

Filmora9 mencakup beberapa warna sampel (gambar diam warna) dan video countdown atau video intro hitungan mundur. Untuk mengakses sumber ini, klik Media dibawa menu, lalu pilih Sample Color atau Sample Video.
 mengakses warna sampel dalam Filmora 9
mengakses sample video hitungan mundur dalam Filmora 9

5. Menghapus Klip dari Timeline

Untuk menghapus satu klip video atau media lain dari timeline, klik kanan pada media di timeline dan pilih Delete, atau pilih klipnya dan tekan ikon Delete di toolbar, atau juga tekan tombol Delete pada keyboard sobat.

Untuk menghapus beberapa klip video atau media lain, tekan dan tahan CTRL, lalu pilih file target yang akan dihapus. Setelah selesai memilih, lepaskan CTRL dan hapus item menggunakan ikon Delete, tombol Delete pada keyboard Anda, atau dengan mengklik kanan dan ppilih Delete.

Ripple Delete
Menghapus media menggunakan cara di atas akan meninggalkan celah besar di timeline. Jika sobat ingin menghapus media sekaligus menutup celah ini, maka saat sobat mengapus gunakan fitur Ripple Delete.

Klik kanan pada klip yang harus Anda hapus (atau tahan CTRL dan pilih beberapa potong media, lalu klik kanan) dan kemudian pilih Ripple Delete untuk menghapus klip itu dan minta media yang tersisa di trek berpindah untuk mengisi ruang kosong.

 menghapus media dengan Ripple Delete di Filmora 9


6. Memotong Video Clip

Jika sobat perlu memotong dari awal atau akhir klip video (atau bagian media lainnya), arahkan mouse sobat ke tepi kiri atau kanan klip dalam timeline sampai ikon trim toolmuncul. Kemudian, klik dan seret ujung klip sobat ke depan atau ke belakang untuk memotong bagian yang tidak diinginkan.
Filmora 9 memangkas sisi

Jika sobat perlu memotong bagian di tengah klip video, seret playhead ke titik awal bagian yang tidak diinginkan dan tekan ikon gunting untuk membagi klip, kemudian seret playhead ke ujung bagian yang tidak diinginkan dan tekan gunting lagi. Sekarang bagian yang tidak diinginkan itu sendiri, Anda dapat memilihnya dan tekan ikon hapus untuk menghapusnya.

Filmora 9 membagi klip

Filmora9 juga memiliki opsi bagi sobat untuk 'memotong cepat' dari awal atau akhir klip. Di timeline, letakkan playhead di bingkai yang ingin Anda potong, klik kanan pada klip, dan pilih Trim Start to Playhead atau Trim End to Playhead tergantung pada apakah sobat ingin menghapus apa yang ada di belakang playhead atau di depannya.
merampingkan cepat di Filmora 9

7. Memisahkan Klip Video

Untuk membagi klip secara manual pada timeline: tempatkan playhead pada posisi di mana sobat ingin membagi klip, klik kanan, dan pilih Split.

Untuk membagi klip menggunakan fitur Scene Detection:

Klik kanan pada klip di panel Media Library dan pilih opsi Scene Detection. Di jendela pupop, klik tombol DETECT. Deteksi pemandangan mungkin memakan waktu beberapa saat. Setelah proses deteksi selesai, pilih adegan yang tidak diinginkan dan tekan delete untuk menghapusnya.
tampilan deteksi adegan Filmora 9

8. Memutar atau membalik Klip Video

Untuk memutar atau membalik klip:

1) Klik dua kali klip di Timeline.

2) 2. Pada panel Video popup, pilih efek Transform

3) Untuk memutar klip, seret penggeser putar ke kanan atau masukkan nilai angka di bagian putar.

4) Di bagian Balik, klik ikon Flip Horisontal untuk membalikkan klip dari kiri ke kanan, atau klik ikon Flip Vertikal untuk membalikkan klip.
putar klip media dalam Filmora 9

Klik Reset untuk membatalkan perubahan atau OK untuk menerapkan efek ke video sobat. sobat juga dapat mengklik kanan pada klip di timeline dan memilih Rotate 90 CW (searah jarum jam) atau Rotate 90 CCW (Berlawanan arah jarum jam).

9. Memangkas Klip Video

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memotong dan memperbesar bagian dari klip video sobat:

1) Klik kanan pada klip di timeline

2) Pilih opsi Crop dan Zoom Panel dari menu atau klik cropikon Pangkas untuk membuka Crop dan Zoom Panel.

3) Di jendela popup, pindahkan dan sesuaikan kotak untuk mengelilingi area yang ingin sobat potong. sobat juga dapat memilih preset dari dimensi preset berikut: 16: 9, 4: 3, 1: 1 atau 9:16.
memotong antarmuka zoom di Filmora 9

10. Menggabungkan beberapa Video

Ketika sobat memiliki beberapa klip video secara berurutan dan ingin menggabungkannya menjadi satu klip. caranya adah letakkan clip di Timeline sesuai dengan urutan yang sobat inginkan dan ekspor sebagai satu video.

11. Copy (Menyalin) & Menempelkan Klip Video

Sobat dapat copy paste klip di akhir video Anda atau menyisipkannya di playhead yang sobat tentukan.

Langkah 1: Pilih satu atau lebih klip dalam urutan, klik kanan, dan pilih Copy
Langkah 2: Di timeline, posisikan playhead pada titik yang sobat inginan untuk menempelkan klip.
Langkah 3: Klik kanan dan pilih ‘Paste’.

Catatan: Jika ada klip di trek sebelum sobat paste, clip lain mungkin ditimpa oleh klip yang ditempelkan.

12. Meningkatkan Klip Video

Sobat dapat meningkatkan klip video dengan mengatur dan menyesuaikan white balance, tone, warna, cahaya, dan HSL dan dengan menambahkan sketsa (Vignette).

Klik dua kali klip yang akan diatur pada timeline dan pilih menu Color,  akan muncul jendela seperti di bawah ini:
koreksi warna dalam Filmora 9

Seret penggeser untuk menyesuaikan suhu warna, warna, contras, saturation, dan Brigtneess. sobat juga dapat memasukkan nilai angka. Ada juga efek 3D LUT yang tersedia jika sobat ingin mengubah seluruh tampilan video sobat sekaligus. Lihat Jendela Pratinjau untuk melihat perubahan video yang sobat atur.

untuk pengaturan lebi lanjut sobat dapat Klik tombol Advance untuk masuk jendela Advance Color Corrction. disini sobat bisa memilih preset yang tersedia untuk menyesuaikan warna, pencahayaan, warna, saturasi, pencahayaan, sketsa, dll.
secara manual meningkatkan klip di Filmora 9

Sobat juga dapat memasuki jendela Advance Color Corrction dengan cara klik kanan pada klip kemudian pilih Color Corrction.

13. Mengubah Kecepatan Putar Video

Klik kanan pada klip klip di timeline, lalu pilih Speed ​​and Duration untuk membuka jendela Custom Speed. Seret penggeser kecepatan untuk menyesuaikan kecepatan klip video. Sobat juga dapat memasukkan kecepatan yang pas sesuai keinginkan sobat di bidang Speed, atau mengubah kecepatan dengan mengubah durasi video. Sobat dapat membuat video sobat hingga 100x lebih cepat atau 0,01x lebih lambat.
ubah kecepatan pemutaran video di Filmora 9

Video putar mundur
Sobat bisa mengedit video mundur atau terbalik dengan cara mencentang pada bagian Reverse Speed 

sobat juga dapat menyesuaikan kecepatan video sobat dengan cara mengklik di toolbar.

Filmora9 menawarkan preset kontrol kecepatan sehingga sobat dapat dengan cepat memperlambat klip Anda menjadi 0,5x, 0,25x, 0,1x, 0,05x atau 0,01x kecepatan atau membuatnya hingga4x, 8x, 20x, 50x atau 100x lebih cepat.
ubah kecepatan Filmora 9

Ingin mempelajari cara mengubah durasi pemutaran suatu gambar? nanti saya bahas di tutorial editing gambar

14. Membuat Frame diam atau Beku

Biasanya  frame beku digunakan untuk membuat video tampak seperti waktu telah berhenti pada saat tertentu. Berikut cara membuat frame beku di Filmora9 (Filmora Versi 9 terbaru):

 Di timeline, pindahkan playhead ke frame yang ingin sobat diamkan.
 Klik speed icon pada toolbar dan pilih Freeze Frame.
buat bingkai beku Filmora 9
 atur durasi frame beku dengan menyeret ujungnya.
Anda juga dapat mengubah frame beku durasi default dengan masuk ke File -> Preferences-> Editing.
buat bingkai beku Filmora 9

15. Memperbesar dan memperkecil Timeline

Untuk memperbesar atau memperkecil tampilan timeline ada beberapa cara. yang bertama dengan mengklik Zoom in / out di sudut kanan atas timeline.  Klik (+) untuk memperbesar atau Klik (- ) untuk memperkecil timeline.
Cara yang kedua dengan cara menyeret timeline ke depan untuk memperbesar dan seret ke belakang untuk memperkecil tampilan timeline.

Cara memperbesar dan memperkecil timeline yang ketiga adalah yang  Gunakan Shotrcut pada keyboard sobat. tekan Ctrl + (plus) untuk memperbesar dan Ctrl - (minus) untuk memperkecil.

16. Mengubah Skala (Crop) klip video

untuk mengubah skala (croping) dan merotasi video sobat, caranya adalah klik kanan di clip video pada timeline, pilih Show Properties. lalu akan muncul jendela pengaturan image. atau untuk menampilkan pengaturan image, sobat bisa juga klik 2 kali pada video clip yang sobat kehendaki. Pada Bagian Transform, Atur pada bagian Scale untuk mengubah ukuran dan pada bagian Rotate untuk memutar video. Jika serasa sudah pas klik OK.
mengubah skala dan memutar klip Filmora 9

Bagaimana cara mengubah ukuran file video secara lengkap bisa sobat baca pada tutorial bagian lain

17. Menambahkan Watermark / logo ke video

Watermark atau logo digunakan untuk memberi tanda identitas pembuat/pengedit video. caranya sama seperti saat mengubah skala, hanya saja yang diatur pada Compositing.
Langkahnya adalah:
  • Masukan logo pada media library, lalu seret ke bagian timeline. 
  • Atur skala dan posisi logo
  • Buat menjadi transparan, caranya sama seperti mengatur skala, Pada Bagian Copositing, atur Opacity sesuai yang sobat keendaki

tambahkan logo ke video Filmora 9

18. Kualitas Pemutaran

Kualitas pemutaran playback video perlu sobat atur jika sobat menginginkan pengeditan yang lebih lancar. konsepnya adalah file yang sobat edit adalah file proy yang ukurannya lebih kecil. jadi yang dikurangi hanya resolusi untuk pratinjau video dan tidak akan memengaruhi pengaturan ekspor, seingga file yang sobat ekspor adalah klip yang berukuran asli.

Untuk mengaturnya adalah klik ikon Tampilan di sudut kanan bawah jendela pratinjau, lalu klik Playback Quality dan pilih dari opsi ini:

ubah kualitas pemutaran Filmora 9

Lengkap: mempratinjau video sobat tanpa mengubah resolusi asli

  • 1/2: pratinjau video Anda pada 1/2 resolusi asli
  • 1/4: pratinjau video Anda pada 1/4 resolusi asli
  • 1/8: pratinjau video Anda pada 1/8 resolusi asli
  • 1/16: pratinjau video Anda di 1/16 resolusi asli

Catatan: resolusi pemutaran yang dikurangi hanya mempengarui untuk pratinjau video dan tidak akan memengaruhi pengaturan ekspor.

Demikian Tutorial Dasar bagian pertama mengedit video pada Wondershare Filmora9. Semoga bermanfaat.
Sumber: https://filmora.wondershare.com/guide/

Ikuti Untuk Mendapatkan Update Artikel Terbaru :

10 Responses to "Tutorial Filmora 9 dari Awam Sampai Mahir [Bagian I] - Mengedit Video"